Jumat, 25 November 2016

Gunung Merbabu

Diposting oleh Unknown di 05.29
Gunung Merbabu terletak di kabupaten magelang Boyolali dan Salatiga, Jawa Tengah, banyak pendaki yang bilang jika Gunung Merbabu merupakan gunung terindah di Jawa Tengah, bukan tanpa alasan, Gunung Merbabu memang menawarkan pemandangan yang mempesona dan terbilang cukup komplit
.jika kalian pernah mendaki di Gunung Merbabu, apalagi melalui jalur selo, pasti kalian akan memiliki pendapat yang sama, memiliki ketinggian 3.142 mdpl, Gunung Merbabu juga tercatat pernah meletus tahun 1560 dan 1797.

foto pemandangan merbabu via selo

Jalur Merbabu via Selo :

Basecamp – Pos 1 (kurang lebih 1,5 jam)
Pos 1 – Pos 2 (kurang lebih 45 menit)
Pos 2 – Pos 3 (kurang lebih 2,5 jam)
Pos 3 – Sabana 1 (kurang lebih 1 jam)
Sabana 1 – Sabana 2 (kurang lebih 1 jam)
Sabana 2 – Puncak Kenteng Songo/Triangulasi (kurang lebih 1,5 jam)
Puncak Kenteng Songo – Puncak Syarif (kurang lebih 30 menit)
Total : kurang lebih 7-8 Jam (tergantung kecepatanmu berjalan)
keterangan :

• biasanya para pendaki mendirikan tenda terakhir di sabana 2 sebelum summit.
  • atau jika kamu ingin lebih dekat, bisa juga mendirikan tenda di watu lumpang, hanya sekitar 30 menit dari sabana 2 namun resiko terkena badai lebih besar karena tidak ada penghalang.
  • di jalur selo tidak ada sumber air, jadi kamu harus membawa perbekalan air lebih ya.
  • trek paling berat adalah pos 3 menuju sabana 1.

Cara Menuju Basecamp Selo

Dari Semarang silahkan menuju ke Salatiga, sesampainya di bundaran Salatiga (Ramayana) kamu pilih arah ke Kopeng hingga bertemu lampu merah pertama, nah di lampu merah pertama ini apabila kamu belok kanan akan menuju Kopeng dan jika lurus akan menuju ke Boyolali, kamu lurus saja hingga memasuki Kabupaten Boyolali.

Sesudah masuk di Kabupaten Boyolali, ikuti jalan tersebut masih lurus dan melewati beberapa Pom bensin hingga kamu menemukan Pos Ojek di kiri jalan dimana tepat didepan Pos Ojek tersebut terdapat pertigaan, masuklah ke pertigaan itu dan ikuti jalan hingga sampai di Basecamp Selo, setelah masuk di pertigaan agar tidak tersesat kamu bisa bertanya ke warga sekitar, karena perjalanan masih sangat jauh.